Senin, 02 September 2013

Candi Ijo, Sleman, DIY

Alamat: Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Indonesia

Koordinat GPS: S7°47'2.2" E110°30'44.2"
 

Candi Ijo adalah salah satu candi yang ada di jogja, khususnya terletak di desa Groyokan, Sambirejo, Prambanan, Sleman Yogyakarta. Untuk menjangkau candi ini lumayan agak jauh dari jalan raya. Dari sini kita bisa melihat keindahan kota jogja, karena candi ijo ini berada di dataran tinggi desa sambirejo. Disini terdapat 4 buah candi, 1 induk candi dan 3 anak candi. Di dalam anakan candi itu terdapat patung juga. Candi ini juga mengalami sedikit kerusakan akibat gempa jogja beberapa tahun yang lalu. di bawah candi ini juga masih ada beberapa candi yang masih dalam tahap renovasi.
 






Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit yang dikenal dengan Bukit Hijau atau Gumuk Ijo yang ketinggiannya sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena ketinggiannya, maka bukan saja bangunan candi yang bisa dinikmati tetapi juga pemandangan alam di bawahnya berupa teras-teras seperti di daerah pertanian dengan kemiringan yang curam. Meski bukan daerah yang subur, pemandangan alam di sekitar candi sangat indah untuk dinikmati.
Kompleks candi terdiri dari 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Teras pertama sekaligus halaman menuju pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Bangunan pada teras ke-11 berupa pagar keliling, delapan buah lingga patok, empat bangunan yaitu candi utama, dan tiga candi perwara. Peletakan bangunan pada tiap teras didasarkan atas kesakralannya. Bangunan pada teras tertinggi adalah yang paling sakral.











































































Tidak ada komentar: