Rabu, 29 Maret 2017

BUKIT CUMBRI WONOGIRI



Bukit Cumbri merupakan satu dari ribuan bukit yang ada di Indonesia. Namanya semakin dikenal sejak kemunculannya di media sosial. Karena memang kecanggihan media sosial terbukti ampuh untuk mengenalkan dan menaikkan popularitas dari suatu lokasi. Keindahan panoramanya yang bak surga di dunia, menjadikan Bukit Cumbri tak salah jika dijadikan destinasi buruan bagi para penikmat traveling. Iming iming yang diberikan tempat wisata yang berada di pinggir kota Wonogiri ini memang sangat menggiurkan. Berada di ketinggian 638 mdpl menjadikan Bukit Cumbri memiliki keistimewaan tersendiri. Dari ketinggoan ini akan disuguhi pemandangan bagai berdiri di atas awan.


Bukit Cumbri sendiri terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri dan juga masuk di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo. Ya, memang Bukit Cumbri ini berada di lokasi yang merupakan daerah yang terbagi ke dalam 2 wilayah, yakni Wonogiri dan Ponorogo.


rute yang harus lewati yakni menyusuri jalan Wonogiri menuju Ponorogo. Tak perlu khawatir karena jalanannya sudah lumayan bagus, hanya saja harus pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Namun , seperti halnya daerah perbukitan, jalanan menuju Bukit Cumbri ini lumayan memiliki tanjakan yang menantang, sehingga kondisi tubuh harus dalam keadaan fit. Dari tempat parkir kendaraan hingga sampai ke puncak Cumbri di tempuh dengan berjalan kaki yang berute lumayan menanjak. Bagi yang sudah terbiasa hiking, tidak akan bermasalah. Dan, bagi yang tergolong pemula, trek menuju Bukit Cumbri bisa dijadikan tempat “latihan” hiking.


Setelah melakukan trekking hampir 1 jam, maka kini didepanmu akan terhampar sebuah puncak yang indah bernama puncak Cumbri.  Di Bukit Cumbri ini memiliki 2 puncak yang menawan, yang satu menghadap kebarat dan memiliki ketinggian yang lebih rendah dari pada yang menghadap ke arah timur. Berada di puncak Cumbri ini kita akan disuguhi pemandangan yang menawan. Dari puncak ini kita seolah sedang berada di atas awan dan bisa melihat kota Wonogiri lengkap beserta bukit bukit lain yang ada di sekitarnya. Namun keamanan harus tetap menjadi prioritas, selama berada di sini kita harus ekstra berhati hati. Hal ini karena Puncak Cumbri memiliki struktur tanah yang tidak rata dimana banyak batuannya yang lebih tinggi dari yang lain, bahkan di sisi kanan dan kirinya cenderung curam.





http://dolandolen.com




Tidak ada komentar: